Internasional

Perkuat Kaderisasi, PCINU Taiwan Gelar PD-PKPNU Perdana

Selasa, 17 September 2024 | 17:30 WIB

Perkuat Kaderisasi, PCINU Taiwan Gelar PD-PKPNU Perdana

Para peserta PD-PKPNU PCINU Taiwan. (Foto: PCINU Taiwan/Sunanto Baron)

 Changhua, NU Online

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Taiwan menggelar Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) perdana di Kota Changhua, Taiwan, pada Sabtu-Ahad, (14-15/9/2024). 


Wakil Sekretaris Jenderal PBNU sekaligus Koordinator Instruktur Nasional PD-PKPNU KH Amir Maruf memberikan apresiasi kepada PCINU Taiwan atas semangat kaderisasi di Taiwan.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Ia menerangkan bahwa peserta terdiri dari 61 laki-laki dan 75 perempuan, dengan latar belakang profesi yang beragam, termasuk pekerja rumah tangga (PRT), pelajar, dan nelayan.
 

"Animonya luar biasa, dari 154 pendaftar, kemudian yang mengikuti dan dinyatakan lulus sejumlah 136," katanya, melalui keterangan yang diterima NU Online, Senin (16/9/2024).
 

Amir mengaku terkesan dengan semangat para peserta yang rela menempuh perjalanan jauh, bahkan hingga 7-8 jam, untuk mengikuti kegiatan ini.
 

“Alhamdulillah saya sangat terkesan dengan semangat mereka yang luar biasa. Mereka ada yang berangkat 7-8 jam menuju lokasi itu pun berangkat juga setelah mereka menyelesaikan pekerjaan masing-masing,” papar Amir.
 

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Melalui kaderisasi, Amir menekankan pentingnya penguatan jati diri kebangsaan dan keberagaman, sesuai dengan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah yang mengedepankan toleransi.
 

Ia juga berharap PCINU Taiwan dapat mengorkestrasi para pengurus di seluruh ranting di Taiwan.
 

“Setelah kaderisasi ini, diharapkan PCINU Taiwan mampu mengorkestrasikan pengurus-pengurus di semua ranting yang ada di Taiwan sehingga organisasinya kuat dan bisa memberikan pelayanan kepada warga-warga NU,” jabar dia.
 

"Harapan kami, pengurus harus mampu mengonsolidasikan kader dari berbagai komponen dalam rangka penguatan organisasi sehingga menjadi kuat dan selanjutnya untuk segera melayani jamaah," harap Amir.


Sementara itu, Ketua PCINU Taiwan M Ghofur menyampaikan bahwa penyelenggaraan pendidikan dasar ini sesuai dengan Peraturan Perkumpulan (Perkum) PBNU yang mewajibkan setiap pengurus NU atau calon pengurus untuk mengikuti kaderisasi.


Ia mengapresiasi pelaksanaan kaderisasi yang diinisiasi kepengurusan PCINU Taiwan masa khidmah 2022-2024. Ia juga menyebut bahwa pendidikan kaderisasi merupakan inti dari organisasi.
 

"Kaderisasi adalah jantungnya organisasi.Seperti halnya jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh, kaderisasi juga diibaratkan sebagai jantung bagi Nahdlatul Ulama," ungkapnya.