Warta

Lesbumi Gelar Pameran Lukisan di PBNU

Selasa, 5 Oktober 2004 | 05:52 WIB

Jakarta, NU Online
Lembaga Seni Budaya NU (Lesbumi) mengadakan pameran lukisan dari 45 pelukis Indonesia dengan tema “Damai Bumiku Satulah Negeriku” yang dilaksanakan di Gedung PBNU Lt 8 tanggal 9 – 12 Oktober 2004.

Soft opening untuk acara ini pada tanggal 6 – 8 Oktober. “Para penikmat seni sudah bisa melihat lukisan-lukisan yang berjumlah 52 tersebut mulai hari ini,” ungkap ketua panitia Muhammad Huda Azis kepada NU Online.

<>

“Pameran ini merupakan apresiasi dari para seniman terhadap keadaan negeri dan juga situasi internasional yang saat ini masih menghadapi berbagai permasalahan kekerasan, ” tambahnya.

Pameran ini menggelar karya para pelukis terkenal dari berbagai aliran. “Sesuai dengan tema, kami menggelar pameran yang lintas agama, lintas wilayah, lintas aliran Mulai dari kaligrafi, surealis, realis, naturalis, dan sebagainya,” tambahnya. Beberapa pelukis yang akan menggelar karyanya adalah Cak Kandar, Nyoman Gunarsa, Anton Sumarto, Didik Mintadi, S. Dibyo, Soepardi, dan lain-lainnya.

Pembukaan acara ini akan dilakukan oleh KH Hasyim Muzadi sedangkan orasi budaya dilakukan oleh KH Abdurrahman Wahid sedangkan pengantar oleh KH Said Aqil Siradj. “Kami ingin mempertemukan tokoh-tokoh tersebut dalam forum budaya yang bebas dari berbagai kepentingan,” tandasnya.

Pameran dengan tema ini merupakan yang kedua kalinya. Pada tahun 2001, juga sudah dilakukan pameran serupa yang digelar di Malang ketika warga NU menghadapi situasi saat Gus Dur mau diturunkan.(mkf)


Terkait