Warta

Tolak KB, Muslim India Berkembang Pesat

Rabu, 8 September 2004 | 03:08 WIB


New Delhi, NU Online
Data sensus penduduk India terbaru yang dirilis pada Selasa (7/9) kemarin  menunjukkan bahwa Islam merupakan agama yang mengalami pertumbuhan tercepat dibanding agama-agama lainnya. Sementara rata-rata pertumbuhan agama Hindu sendiri mengalami kemunduran.

Dalam sensus itu disebutkan bahwa populasi Muslim di India mencapai 138juta atau 13,4 persen dari 1,028miliar jiwa, yaitu dari jumlah total penduduk India. Pada tahun 1991-2001 pertumbuhan rata-rata Islam naik sekitar 1,5 persen, sementara Hindu turun sekitar 4,8 persen.

<>

Surat kabar India Express menyebutkan bahwa pemicu bertambahnya populasi Muslim karena mereka tak ikut serta dalam program Keluarga Berencana (KB). Maka tak pelak fenomena pertumbuhan Muslim itu membuat gusar kalangan Hindu.

M. Venkaiah Naidu, presiden Bharatiya Janata Party menuntut agar Muslim India ikut aktif dalam ber-KB, pasalnya ini demi menjaga integritas dan kesatuan nasional.

Sementara sebelumnya, di  beberapa negara Afrika,  para ulama mencurigai vaksin volia yang mengandung hormon yang memandulkan. Agaknya, laju perkembangan penganut agama di beberapa tempat menjadi persoalan. Padahal yang saat ini  harus diperhatikan adalah kualitasnya. (MA/io)


Terkait