Nasional

Lomba Iluminasi Mushaf Al-Qur'an LPMQ Kemenag Berhadiah Ratusan Juta

Senin, 17 Agustus 2020 | 04:45 WIB

Lomba Iluminasi Mushaf Al-Qur'an LPMQ Kemenag Berhadiah Ratusan Juta

LPMQ Balitbang Diklat Kemenag. (Foto: NU Online/Musthofa Asrori)

Jakarta, NU Online
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Balitbang Diklat Kementerian Agama menggelar lomba iluminasi Mushaf Al-Qur'an. Pendaftaran lomba dibuka sejak 14 Agustus hingga 30 Oktober 2020.  


Kepala LPMQ Muchlis M Hanafi di Jakarta, Sabtu (15/8), mengatakan bahwa peserta lomba adalah masyarakat muslim berkewarganegaraan Indonesia. “Baik perorangan maupun kelompok," terangnya dalam rilis yang diterima NU Online, Senin (17/8). 


Kompetisi ini melombakan satu paket kesatuan karya iluminasi yang terdiri atas sampul/kulit mushaf (depan, punggung, dan belakang), iluminasi awal mushaf (menghiasi Surah al-Fatihah dan awal Surah al-Baqarah), bingkai halaman teks Al-Qur’an, hiasan-hiasan tepi halaman (menghiasi tanda ‘ain ruku’, hizb, juz, manzil, waqaf lazim, dan sajdah), serta kepala surah dan tanda ayat.


Karya ini, kata dia, akan dinilai dari motif ragam hias, komposisi warna, dan karakter ‘keindonesiaan’-nya oleh dewan juri yang terdiri dari para ahli seni mushaf, seni kriya, dan desain.




"LPMQ menyediakan total hadiah sebesar RP. 122.000.000,- untuk para pemenang yang akan diumumkan pada 13 November 2020," jelas Muchlis.


Kata iluminasi, lanjut dia, berarti menerangi, membuat cerah, menghias, mencerahkan secara spiritual atau intelektual. Iluminasi mushaf berarti hiasan naskah yang bersifat abstrak yang bertujuan untuk memperterang atau mempercerah teks yang disajikan, yakni Al-Qur’an. Hiasan tersebut memiliki makna baik dari segi estetik (keindahan), sosial (kultural, identitas), maupun simbolis (ruhani, spiritualitas).


"Lomba ini diharapkan dapat merangsang kreativitas para seniman muslim dalam melahirkan karya-karya seni mushaf yang indah dan berkarakter, sekaligus mencerminkan kekayaan budaya bangsa Indonesia," ujarnya.


"Kegiatan ini bertujuan mencari karya-karya terbaik dalam seni hiasan mushaf di Indonesia, meningkatkan keterampilan para seniman mushaf, dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni mushaf," lanjut doktor jebolan Universitas Al-Azhar Mesir ini.


Tradisi penyalinan Al-Qur’an
Muchlis menambahkan, di nusantara, penyalinan Al-Qur’an dilakukan secara manual, baik hiasan maupun tulisannya. Penyalinan tersebut berlangsung sejak kedatangan Islam di kawasan ini hingga akhir abad ke-19 ketika teknologi percetakan semakin maju. 


Penyalinan mushaf terjadi di berbagai kesultanan dan wilayah penting masyarakat Islam dahulu, di antaranya Aceh, Riau, Sumatra Barat, Palembang, Banten, Cirebon, Yogyakarta, Jawa Tengah, Madura, Lombok, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku. Warisan penting tersebut kini tersimpan di berbagai museum, perpustakaan, pesantren, ahli waris, dan kolektor naskah—diperkirakan berjumlah 1500 naskah.


Mushaf Al-Qur’an, kata Muchlis, dihias sesuai dengan ruang dan waktu penyalinan. Lokalitas budaya tempat mushaf disalin merupakan faktor yang memengaruhi variasi bentuk, motif, dan warna iluminasi (hiasan). Unsur kreativitas lokal, sebagai hasil serapan budaya setempat, terlihat dalam pola dan motif ragam hias yang sangat beragam.  Masing-masing daerah memiliki ciri khas sendiri.


“Setelah hampir satu abad terhenti, era baru dalam kreativitas seni mushaf tumbuh kembali sejak diresmikannya Mushaf Istiqlal pada tahun 1995 dalam rangka peringatan 50 Tahun Indonesia Merdeka. Sejak saat itu, gairah pembuatan mushaf indah di Indonesia tumbuh kembali,” ungkapnya.


Direktur Pusat Studi Al-Qur’an ini menambahkan, hingga kini telah ada sejumlah mushaf, yakni Mushaf Sundawi (1997), Mushaf at-Tin (2000), Mushaf Jakarta (2002), Mushaf Kalimantan Barat (2003), dan Mushaf al-Bantani (2010).


Semangat itu, lanjut dia, juga melahirkan gagasan untuk merekonstruksi dan memodifikasi mushaf lama seperti Mushaf Keraton Yogyakarta Hadiningrat (2011) yang didasarkan pada mushaf pusaka keraton. 


"Berbeda dengan seni mushaf pada zaman dahulu yang keseluruhannya dibuat secara manual, ‘mushaf-mushaf indah kontemporer’ ini dibuat dengan bantuan teknologi komputer," tandasnya.


Editor: Musthofa Asrori