Daerah

Kemendag Gelar Pasar Murah di 300 Pesantren

Rabu, 14 Juni 2017 | 12:26 WIB


Jombang, NU Online 
Kementerian Perdagangan (Kemendag) memfasilitasi penyelenggaraan Pasar Murah Ramadan 2017 di Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang, Rabu (14/06). Sebanyak 500 paket disediakan bagi warga sekitar pesantren. 

Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana mengatakan pasar murah yang digelar Kemendag pada tahun 2017 ini ditempatkan di 300 pesantren seluruh Indonesia. Dengan jumlah paket di setiap Ponpes sebanyak 500 sembako. 

“Kita pilih pesantren karena pesantren adalah salah satu pintu masyarakat yang menjadi agen dari semuanya. Agen kultur, dan juga agen pendidikan” katanya ditemui disela sela kegiatan yang di gelar di halaman Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang.

Diakatakannya, pasar murah ini sebagai bentuk penyediaan bahan pokok menjelang lebaran bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah oleh Kemendag. Dalam kegiatan pasar murah ini, Eva Yuliana mengatakan pihaknya menggandeng perusahan swasta turut serta dalam  pasar murah Ramadhan yang digelar tahun ini. 

“ Kita menggandeng beberapa pelaku usaha swasta untuk ikut berperan dalam pasar murah ini. Kami ingin sampaikan bahwa pemerintah dan swasta hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang lebaran,” kata Eva Yuliana disela sela kegiatan.

Masih menurut Eva, satu paket sembako senilai Rp 100 ribu, sementara dalam pasar murah ini dijual seharga Rp 50 ribu. Adapun isi setiap paket sembako yakni beras 2 kilogram, gula pasir 2 kilogram, minyak goreng 2 liter, tepung terigu 2 kilogram, dan sirup satu botol.

“Biar lebih bertambah manfaatnya, maka hasil penjualannya disedekahkan ke Ponpes tempat kegiatan di laksanakan. Kalau disini kita berikan kepada Ponpes Mamba’ul Ma’arif,” tambah perempuan berjilbab ini menandaskan.

Salah seorang warga pemanfaat kegiatan ini, Rubiah (60), mengaku bersyukur bisa mendapatkan kebutuhan pokok harga murah. Rubiah menilai, harga yang disediakan Kemendag lebih murah separoh dari harga pasaran.

“Alhamdulillah, sebentar lagi lebaran pas ada sembako murah. Kalau begini terus ya enak, kita ringan belinya, sangat membantu kita,” ujarnya. (Muslim Abdurrahman)


Terkait