Jakarta

LFNU Jakarta Ungkap Fenomena Ekuinoks pada Ahad esok, Momen Tepat untuk Deteksi Arah Mata Angin

Sabtu, 21 September 2024 | 07:00 WIB

LFNU Jakarta Ungkap Fenomena Ekuinoks pada Ahad esok, Momen Tepat untuk Deteksi Arah Mata Angin

Ilustrasi ekuinoks. (Foto: dok. LFNU Jakarta)

Jakarta, NU Online Jakarta
Ketua Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) DKI Jakarta KH Abdul Holik menginformasikan akan ada fenomena falakiyah berupa ekuinoks yang biasa terjadi dua kali dalam setahun. Fenomena yang akan terjadi pada Ahad (22/9/2024) esok merupakan momen yang tepat untuk mendeteksi arah mata angin.


“Bulan ini akan terjadi fenomena falakiyah yaitu ekuinoks Matahari yang merupakan momen Matahari melintas di garis khatulistiwa Bumi, peristiwa itu terjadi dua kali dalam setahun yang dapat dijadikan untuk mendeteksi arah mata angin," jelasnya kepada NU Online Jakarta, Jumat (20/9/2024).


Kiai Holik mengatakan berbagai metode dalam menentukan arah mata angin di era digital ini sangat mudah dipraktikkan, apalagi teknologi pada gawai sekarang sudah menyediakan fitur semakna kompas. 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


“Walau demikian petunjuk alamlah yang tidak dapat diragukan akurasinya,” katanya.


Kiai Holik menyebutkan fenomena ekuinoks terjadi sebanyak 2 kali pada tahun ini. Pertama terjadi pada bulan Maret dan kedua di bulan September.

 

"Pertama bulan Maret yang dikenal sebagai Ekuinoks Vernal dan kedua bulan September yang dikenal sebagai Ekuinoks Autumnal, dalam literatur ilmu falak biasa disebut dengan Madār al-I'tidalain," terangnya. 


Selengkapnya klik di sini.

ADVERTISEMENT BY OPTAD