Nasional

LP Ma'arif NU Sepakati Penyelenggaraan Makesta Bersama IPNU-IPPNU

Kamis, 19 September 2024 | 07:00 WIB

LP Ma'arif NU Sepakati Penyelenggaraan Makesta Bersama IPNU-IPPNU

Penandatanganan kerja sama LP Ma'arif NU PBNU, PP IPNU, dan PP IPPNU pada Pembukaan Rakornas LP Ma'arif NU 2024 dan Munas Pandu Ma'arif di Hotel Yuan Garden, Pasar Baru, Jakarta Pusat pada Rabu (18/9/2024). (Foto: TVNU/Ghufron)

Jakarta, NU Online

Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU), Prof Muhammad Ali Ramdhani menandatangani nota kesepakatan penyelenggaraan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) bersama dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PP IPPNU) Whasfi Velasufah dan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) Agus Suherman Tanjung.


Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan dalam rangkaian Pembukaan Rakornas LP Ma'arif NU 2024 dan Munas Pandu Ma'arif di Hotel Yuan Garden, Pasar Baru, Jakarta Pusat pada Rabu (18/9/2024).

ADVERTISEMENT BY OPTAD


"Secara prinsip apa yang kita tanda tangani antara LP Ma'arif, PP IPNU, dan PP IPPNU ini bahwa tiap penyelenggaraan orientasi pelajar baru atau apa pun istilahnya, itu melekat di dalamnya Makesta," kata Ali Ramdhani.


Pelekatan orientasi pelajar dalam lingkup LP Ma'arif NU dengan program Makesta diharapkan dapat mendorong sinergi dalam kaderisasi anggota IPNU dan IPPNU.


"Jadi setiap siswa dan siswi dari Ma'arif mulai tingkatan SMP dan sederajat itu adalah bagian dari organisasi IPNU dan IPPNU," kata Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung itu.


Ali Ramdhani menambahkan bahwa sinergi ini bertujuan untuk mencetak kader terbaik NU melalui tingkat pendidikan yang paling dasar yakni tingkat SMP sederajat.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


"Kita bersinergi bersama banom di lingkungan Nahdlatul Ulama untuk menciptakan kader-kader unggul untuk merawat jagad membangun peradaban."


Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Whasfi Velasufah menyampaikan harapannya terkait penandatanganan kerja sama ini.


"Yang kita harapkan adalah seluruh sekolah Ma'arif langsung menerapkan Makesta di sekolahnya. Kalau sudah Makesta, para siswa langsung jadi anggota IPNU IPPNU," kata Vela.


Ia melanjutkan, dengan adanya siswa yang telah resmi menjadi anggota IPNU IPPNU ini akan memudahkan dalam mencetak kader NU dari seluruh daerah di Indonesia.


Tak hanya Vela, Ketua Umum PP IPNU M Agil Nuruzzaman juga menyampaikan bahwa penandatanganan nota kesepakatan ini dapat menyelaraskan LP Ma'arif, IPNU, dan IPPNU sebagai gerbang awal peserta didik mengenal Nahdlatul Ulama lebih dekat.


"Suksesor LP Ma'arif dalam bidang kesiswaan adalah IPNU dan IPPNU. Suksesor IPNU dan IPPNU  dalam hal mengembangkan sayap organisasi hingga tingkat komisariat ya LP Ma'arif," katanya.


Ia juga menyampaikan bahwa IPNU mengapresiasi kerja sama ini dan berharap ke depannya dapat diaplikasikan secara menyeluruh dan berdampak positif bagi pelajar Nahdlatul Ulama.