Nasional

Saat Musafir dan Peziarah Masjid Luar Batang Terima Nasi Kotak Fidyah LAZISNU

Kamis, 15 Juni 2023 | 09:00 WIB

Saat Musafir dan Peziarah Masjid Luar Batang Terima Nasi Kotak Fidyah LAZISNU

Jamaah di Masjid Jami; Keramat Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara menerima paket nasi kotak dan kurma untuk berbuka puasa, Senin (12/6/2023). (Foto: NU Care-LAZISNU)

Jakarta, NU Online
NU Care-LAZISNU PBNU kembali menyalurkan dana fidyah. Kali ini penyaluran dalam bentuk nasi kotak dan paket kurma menyasar jamaah, peziarah, dan musafir di Masjid Jami' Keramat Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (12/6/2023). Paket dibagikan sebagai menu berbuka puasa para jamaah yang menjalankan puasa sunnah Senin-Kamis.


Salah seorang jamaah Masjid Luar Batang, Maemunah (70) mengatakan setiap bulan Ramadhan dan setiap Senin-Kamis dirinya ikut berbuka bersama di masjid.


"Senang banget bisa ada buka bersama lagi di hari Senin-Kamis. Berkah buat semuanya, doanya dikabulkan semua," ungkapnya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Sekretaris DKM Masjid Luar Batang, Masyur Amin berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin.

 

"Ini (bantuan) sangat bermanfaat untuk jamaah, musafir, dan peziarah yang sedang berpuasa. Semoga ke depannya bisa rutin, mungkin bisa dibantu LAZISNU ataupun bisa menggunakan kas Masjid. Kalau bisa, nanti kita kemas seperti buka puasa bersama ketika Ramadhan, ada tausiyahnya juga," papar pria yang sejak tahun 2005 mengabdi di Masjid Luar Batang.


Ketua NU Care-LAZISNU PBNU, Habib Ali Hasan Al Bahar yang hadir pada kesempatan tersebut mengungkapkan, suasana buka bersama puasa Senin di Masjid Luar Batang sungguh menggembirakan.


"Kita dapat sambutan yang luar biasa, bahkan DKM-nya hampir menangis melihat NU terjun langsung ke masyarakat. Semoga para donatur melihat kebermanfaatan ini," ucap Habib Ali Hasan dalam rilis yang diterima NU Online, Rabu (14/6/2023). 

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

Dia mengatakan mulai dari pembagian nasi kotak di Luar Batang tersebut, bantuan akan meluas. "Selanjutnya, akan kami laksanakan di Banten," imbuhnya. 


Tak hanya untuk kegiatan berbuka puasa bersama, NU Care-LAZISNU juga akan bersinergi dengan DKM Masjid Luar Batang untuk mengemas kegiatan dengan diisi pengajian.


"Kami merespons masyarakat yang telah menjadikan puasa Senin-Kamis menjadi kebiasaan. Kami akan melanjutkan program ini, terlebih nanti ada event (kegiatan) seperti Maulid, kegiatan tasyakur 17 Agustus, dan kegiatan lainnya. Tak hanya menyalurkan, kami juga bisa mendapatkan donatur dari kegiatan ini," terang Habib Ali Hasan. 


Pihaknya berharap, semua program NU Care-LAZISNU dapat diterima dan memberi manfaat bagi masyarakat secara luas, berkah dunia-akhirat.

 

Lebih lanjut, Habib Ali Hasan menjelaskan bahwa penyaluran fidyah tersebut merupakan kerja sama pengumpulan dana fidyah melalui marketplace Tokopedia.


"Tokopedia sebagai mitra kami. Semoga mendapat keberkahan juga atas program (bantuan) ini, dan kami bisa melanjutkan kemitraan yang lebih panjang dan strategis," ujarnya.


Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Kendi Setiawan