Nasional

Sambut HUT Ke-79 RI, Dai NU Berkomitmen Terus Hadirkan Dakwah Menyejukkan

Sabtu, 3 Agustus 2024 | 09:00 WIB

Sambut HUT Ke-79 RI, Dai NU Berkomitmen Terus Hadirkan Dakwah Menyejukkan

Temu Dai Se-Indonesia yang berlangsung di Jakarta, 1-2 Agustus 2024. (Foto: dok. LDNU)

Jakarta, NU Online

Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) berkomitmen menghadirkan dakwah yang menyejukkan, inklusif, dan berorientasi pada kesejahteraan umat dan bangsa.


Demikian salah satu poin yang disampaikan oleh Ketua LD PBNU, KH Abdullah Syamsul Arifin dalam Temu Dai Se-Indonesia yang berlangsung di Jakarta, 1-2 Agustus 2024. 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


“Acara ini menjadi ajang silaturahmi nasional yang rutin dilakukan guna memperkuat konsolidasi dan meneguhkan kembali program kerja Lembaga Dakwah PBNU untuk keumatan dan kebangsaan,” kata Kiai Abdullah Syamsul Arifin.


Mengusung tema Dakwah Merawat Jagat, Membangun Peradaban, kata Kiai Abdullah Syamsul Arifin, pertemuan tersebut bertujuan untuk menggalang sinergi antar dai di seluruh Indonesia dalam menjalankan dakwah yang menitikberatkan pada upaya menjaga dan merawat keberagaman, serta membangun peradaban yang adil, sejahtera, dan berkelanjutan. 


Temu dai se-Indonesia ini adalah momen strategis bagi para dai LDNU untuk memperkuat kembali peran dakwah sebagai alat pemersatu bangsa. 


“Dalam menyongsong HUT RI ke-79, kita tidak hanya merayakan kemerdekaan, tetapi juga menegaskan komitmen kita dalam merawat keberagaman dan membangun peradaban yang berkeadilan,” ujarnya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Sementara itu, Sekretaris LD PBNU KH Nurul Badruttamam mengatakan bahwa temu dai ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para dai di seluruh Indonesia dalam menjalankan tugas dakwah yang lebih inklusif dan lebih relevan dengan perkembangan zaman.


"Konsolidasi ini penting untuk memastikan bahwa dakwah yang kita jalankan dapat menjawab tantangan zaman,” ujarnya. 


“Dalam semangat persatuan, kita bersama-sama bertekad untuk terus memperkokoh persatuan bangsa melalui dakwah yang mencerahkan dan membangun peradaban yang lebih baik untuk masa depan,” pungkasnya.


Kegiatan tersebut juga menjadi momen penting dalam menyongsong HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan para Ketua LD PWNU dari seluruh Indonesia. Mereka juga turut hadir mengikuti Zikir dan Doa Kebangsaan 79 Tahun Indonesia Merdeka yang digelar di Istana Negara pada Kamis, 1 Agustus 2024.