Warta

Ahmadinejad: Iran Inginkan Keadilan, Perdamaian, dan Keamanan Selamanya

Kamis, 5 April 2007 | 03:33 WIB

Tehran, NU Online
Presiden Republik Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad mengungkapkan bahwa ”Iran (kini) sedang menghendaki perdamaian dan keamanan seterusnya dipandang dari sudut monoteisme dan keadilan bagi seluruh umat manusia”.

Dalam pernyataannya saat jumpa pers pada perayaan Tahun Baru Iran ke 1386 dan peringatan kelahiran Nabi Mumhammad SAW, Ahmadinejad juga mengumumkan pembebasan 15 pelaut Inggris yang ditahan Iran sejak dua pekan lalu.<>

”Bersamaan dengan peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW dan juga peringatan Paskah, pemerintah dan rakyat Iran yang memiliki ekkuasaan dan hak legal untuk mengadili mereka, telah memaafkan ke 15 orang ini,” terang Ahmadinejad kepada wartawan di Tehran, Rabu (4/4)..

”Setelah jumpa pers ini mereka bisa berangkat ke bandara dan pulang ke rumah. Mereka akan pulang hari ini, kata Ahmadinejad yang menyebut keputusannya ini sebagai ”hadiah bagi rakyat Inggris”.

Menanggapi pertanyaan wartawan asing mengenai alasan Iran yang secara tiba-tiba berubah pendirian  untuk segera membebaskan 15 pelaut Inggris, Ahmadinejad mengatakan adanya sejumlah pertimbangan untuk tidak memunculkan ketegangan antara pemerintah Iran dan Inggris.

”Kami tidak merubah pendirian kami secara tiba-tiba. Karena kami tidak menghendaki adanya berbagai krisis yang muncul sejak dari awal. Apa yang kami inginkan adalah hak  kami sepenuhnya. Tidak ada keinginan dalam hal ini untuk memperpanjang krisis,” ungkapnya. (irn/ap/dar)


Terkait