Warta

Khatami: Iran berhak gunakan energi nukril untuk tujuan damai

Sabtu, 26 Agustus 2006 | 04:13 WIB

Tokyo, NU Online
mantan Presiden Iran Muhammad Khatami, Jum'at (25/8) mengungkapkan, Iran memiliki hak penuh menggunakan energi dan bahan bakar nuklir untuk tujuan damai sebagaimana negara-negara lain.

Setelah berbicara dalam sebuah seminar di kampus United Nation University Tokyo, Khatami menegaskan, pemerintahannya tidak mempunyai keinginan untuk membuat persenjataan nuklir.

<> "Iran tidak ingin mengakses senjata nuklir. tidak sama sekali. kami tidak membutuhkan (senjata) itu," kata Khatami seperti dilansir sumber Irna.

Khatami mengungkapkan, para ilmuwan Iran telah berupaya untuk mengembangkan teknologi nuklir itu meskipun disadari akan memunculkan reaksi dari komunitas internasional terutama Amerika Serikat dan sekutu-sekutu Eropanya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

"Jika mereka (AS dan Uni Eropa) mengkhawatirkan (penggunaan) senjata nuklir, kami adalah anggota NTP (Perjanjian Non-proliferasi Nuklir), dan Iran di bawah pengawasan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA)," terang Khatami.

Ulama besar Iran itu juga mengungkapkan, meski di dunia saat ini yang nampak adalah penerapan logika standar ganda, namun pemerintahannya tetap akan memenuhi kebutuhan dalam negerinya termasuk pengembangan uranium untuk misi sipil.

"Oleh karena itu, program nuklir Iran sepenuhnya adalah untuk tujuan damai dan dalam keadaan yang sederhana; (program nuklir) itu diupayakan tanpa harus bergantung pada pihak asing dan semata-mata bergantung pada kekuatan domestik dan itu akan tetap terpelihara," ungkap ulama besar itu.

Khatami juga mendukung upaya dialog sebagai opsi terbaik untuk mengatasi isu nuklir.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

"Isu (nuklir) itu dapat diselesaikan melalui dialog dan pertimbangan nalar. Pemerintah Iran juga telah menyatakan bahwa pihaknya siap melakukan perundingan dalam segala kondisi dan bentuknya," tandas Khatami.

Kunjungan Khatami ke Jepang adalah untuk menghadiri Konferensi Agama dan Perdamaian di Kyoto. (dar)


Terkait