Daerah

Al-Qur'an Harus Menjadi Spirit dalam Keluarga

Sabtu, 8 April 2017 | 15:35 WIB

Kupang, NU Online 
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Sarman Marselinus dalam sambutan pembukaan STQ Tingkat Provinsi di Aula Asrama Haji Kupang, Jumat (7/04/2017) sekitar pukul 22:00 Wita menyatakan pentingnya Al-Qur’an menjadi spirit dalam keluarga.

Menurut Sarman, sebagai umat Muslim wajib memahami Al-Qur'an sebagai petunjuk dan pedoman yang universal serta pesan-pesan dalam Al-Qur'an  yang menjadi sebuah kebanggaan dalam keluarga, lingkungan masyarakat, sosial maupun bangsa serta negara republik Indonesia.

Dikatakan Sarman, begitu kencangnya arus globalisasi perlu ada pemahaman tentang, keumatan, kebangsaan sesuai dengan isi kandungan Al-Qur'an diyakini bisa membangun tatanan bangsa yang bermartabat.

Ketua LPTQ Jamal Ahmad mengatakan STQ sebagai landasan untuk meningkattkan ukhuwah islamiyah agar dapat mengamalkan nilai-nilai universal dalam hidup. Dengan adanya STQ untuk mendorong kemajuan generasi bangsa dalam pijakan nilai-nilai kebangsaaan.

Jamal juga mengatakan, STQ telah menjadi bagian untuk mendorong umat dan bangsa serta generasi bangsa serta tidak bertentang Pancasila. Al-Qur'an akan menjadi sebuah rujukan para ulama dalam membangun kultur Islam dalam nilai keberagaman serta menjaga keharmonisan sosial.

STQ ke-24 Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2017, dengan tema  Momentum Peningkatan Implementasi Nilai-nilai Al-Qu'ran dalam mewujudkan Kehidupan Masyarakat yang Rukun dan Damai di Bumi Flobamorata. (Ajhar Jowe/Mukafi Niam)


Terkait