Warta

Hywell Coleman: Keragaman Pesantren Harus Tetap Dipertahankan

Selasa, 6 Maret 2007 | 12:19 WIB

Leeds, NU Online
Koordinator program pelatihan manajemen pendidikan untuk wakil kepala pesantren Hywell Coleman mengungkapkan, pesantren-pesantren yang ada di Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki lembaga-lembaga pendidikan ”berasrama” di Inggris bahkan juga di kawasan Eropa.

Menurut Hywell, pesantren  dengan segala unsurnya harus tetap dipertahankan mengingat begitu kayanya tradisi khas kepesantrenan.

<>

”Keragaman pesantren harus tetap dipertahankan. Ini merupakan merupakan hazanah/kekayaan yang tidak dimiliki lembaga-lembaga pendidikan selain pesantren,” terang Hywell saat mengantarkan para delegasi NU berkunjung ke Ripon Grammar School, Yorkshire Utara, dan Queen Ethelburga’s School, Thorpe Underwood Estate, York, Minggu (5/3).

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Pria yang fasih berbahasa Indonesia ini juga mengutarakan pengalamannya saat berkunjung ke sejumlah pesantren di Indonesia bahwa dia tidak menemukan dua di antaranya memiliki kesamaan.

”Dari 8 pesantren di Indonesia yang saya kunjungi, saya tak menemukan dua di antaranya punya kemiripan. Inilah satu keunikan yang ada pada pesantren” ungkapnya. (dar)


Terkait