Warta

Kiai Kampung se-‘Supagobang’ Bakal Disatukan

Jumat, 23 Februari 2007 | 05:33 WIB

Pasuruan, NU Online
Bak gayung bersambut, silaturahim kiai kampung yang digagas mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), mulai menggejala di Pasuruan, Jawa Timur. Kalangan ulama muda, berencana menyatukan wadah kiai kampung di empat wilayah Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, dan Bangkalan (Supagobang).

Mereka optimis sedikitnya 5 ribu kiai kampung ikut bergabung dalam wadah baru itu. “Kami sepakat dengan Gus Dur, bila selama ini aspirasi kiai kampung terkebiri. Ibaratnya mereka bukan kiai terkenal, dan beken, sehingga pendapat mereka hampir tidak terdengar. Dengan wadah khusus, kami berharap kondisi ini bisa berubah,” kata Gus Fauzi, Pengasuh Ponpes Raodlotul Hasanah Tembokrejo, Pasuruan, Kamis (22/2) kemarin.

Untu<>k rencana deklarasi wadah yang diberi nama Forum Silaturahim Kiai Kampung (Fosikk) Supagobang ini mereka sepakat membentuk tim khusus. Tugasnya, menyebarkan sosialisasi tentang rencana berdirinya wadah baru tersebut.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Menurut Gus Fauzi yang dipilih sebagai ketua panitia deklarasi Fosikk Supagobang, wadah baru itu akan menjadi tempat berdiskusi para kiai kampung. Mulai dari ustadz pemimpin tahlil, guru mengaji di mushala, sampai para penghulu di desa-desa (modin).

“Mereka diberi keleluasan bergabung dengan Fosikk Supagobang. Nantinya akan ada pertemuan rutin untuk sebuah dialog interaktif tentang berbagai persoalan di tengah-tengah masyarakat. Di wadah baru ini, suara mereka akan didengar, bahkan menjadi penentu setiap kebijakan,” terang Gus Fauzi.

Sementara, Gus Huda, pengasuh Pengajian Noto Ati Pesanggrahan Bangil, mengaku sudah menyebarkan undangan dalam jumlah besar. Selama deklarasi berlangsung yang diundang baru sebatas delegasi kiai kampung di 4 wilayah Supagobang.

“Kami masih menyebutnya sebagai deklarasi awal, sekedar untuk memantapkan pendirian Fosikk Supagobang. Setelah ini, secara bertahap kami juga akan menyiapkan deklarasi akbar. Tentu saja undangannya dalam jumlah besar. Bahkan kami berniat mendatangkan Gus Dur untuk memantapkan semangat terbentuknya Fosikk Supagobang,” terang Gus Huda, yang juga sekretaris panitia ini.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Tentang berapa jumlah anggota Fosikk Supagobang, Gus Huda meyakini ada 5 ribu orang yang bakal bergabung. Keyakinan ini dipicu oleh lingkup keanggotaan Fosikk Supagobang yang lebih luas dibanding organisasi sejenis lainnya. (gpa/sam)