Warta

Permintaan Jilbab dan Mukena Meningkat

Kamis, 5 Agustus 2010 | 01:39 WIB

Jayapura, NU Online
Permintaan busana muslim di sejumlah pasar, seperti Youtefa dan Pasar Ampera, Jayapura, ibukota Provinsi Papua dilaporkan mengalami peningkatan sejak sepekan terakhir. "Permintaan masyarakat akan busana muslim memang sudah mulai meningkat sejak sepekan sebelum memasuki masa puasa.Kebanyakan yang dibeli adalah jilbab dan baju," kata seoarang pedagang pakaian muslim di pasar Youtefa, Zukhikri, di Jayapura, Kamis (5/8).

Selain itu, katanya, banyak pula masyarakat yang membeli kain sarung, mukena dan sajadah untuk keperluan sholat. Zulhikri memperkirakan permintaan busana muslim dan keperluan ibadah tetap meningkat dan akan berlangsung hingga satu hari menjelang hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 Hijriyah.<>

Sejumlah pedagang pakaian muslim di pasar Ampera, Jayapura, juga mengakui tingginya permintaan busana muslim tersebut sehingga mulai menambah stok barang persediaan. Namun, meskipun permintaan busana muslim oleh masyarakat mulai tinggi, namun para pedagang tidak menaikkan harga.

"Kita memang sengaja menambah stok, terutama untuk jilbab dan mukena," kata Faisal, seorang pedagang busana muslim di pasar Ampera. Kita tetap jual seperti harga biasa, kecuali kalau di agen menaikan harga maka kita juga pasti akan menyesuaikan," kata Faisal.

Mukena Laris di Palembang

Sementara itu, para pedagang mukena di Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatra Selatan mulai ramai pembeli yang datang dari berbagai daerah di provinsi itu. Rahma (25) pedagang mukena dan busana Muslim, di Palembang, Kamis mengatakan, sejak sepekan menjelang Ramadhan penjualan produk mukena mengalami peningkatkan signifikan, yakni mencapai 50 persen dibanding dengan hari biasa.

Meningkatnya penjualan mukena menjelang Ramadhan ini merupakan hal yang lazim yang terjadi setiap tahun, katanya.

Menurutnya, guna memenuhi peningkatan penjualan pihaknya telah menyiapkan stok barang yang jumlahnya cukup banyak. Peningkatan stok tersebut terkait dengan tren yang terjadi setiap tahun menjelang dan selama Ramadhan biasanya warga berbondong-bondong membeli mukena. (min)


Terkait