Warta

RI dan Iran Sepakat Cegah Campur Tangan Asing di Timur Tengah

Rabu, 12 Maret 2008 | 04:46 WIB

Teheran, NU Online
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan Indonesia dan Iran menekankan perlunya persatuan, integritas dan kedaulatan di Timur Tengah serta menghalangi campur tangan dari negara-negara asing untuk menyelesaikan masalah-masalah di kawasan tersebut.

"Ada kesamaan pandangan antara Indonesia dan Iran tentang isu Timur Tengah, khususnya Palestina yaitu menekankan pentingnya persatuan, integritas dan kedaulatan serta menghalangi campur tangan asing," kata Presiden Ahmadinejad usai melakukan pembicaraan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Kepresidenan Iran di Teheran, Selasa.

<>

Sementara itu, Presiden Yudhoyono menyatakan perlu adanya penyelesaian yang baik dan adil untuk bangsa-bangsa tersebut.  Indonesia, menurut Presiden, prihatin dengan masalah Palestina, Lebanon dan Irak. Karena itu Indonesia menyambut baik peran Iran dalam mendorong penyelesaian masalah di Irak.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Menurut kepala negara, Indonesia menilai penyelesaian konflik di Irak perlu melibatkan negara tetangga.  Yudhoyono menyebutkan antara Indonesia dan Iran mempunyai sejarah hubungan yang sangat panjang dan terangkum dalam suasana persahabatan.

Mengingat hal itu, Presiden Yudhoyono menyatakan dalam pertemuan itu kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral semaksimal mungkin. (ant/too)


Terkait