Daerah

NU Jatiyoso Gelar Diskusi Fiqih Puasa dan Zakat

Kamis, 5 Juni 2014 | 02:01 WIB

Karangayar, NU Online
Dalam rangka mempersiapkan diri dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Jatiyoso Karanganyar menggelar diskusi fiqih bab puasa dan zakat. Rencananya, diskusi ini akan berlangsung pada masing-masing Pengurus Ranting NU.
<>
“Menjelang bulan Ramadhan, kami menggelar diskusi fiqih dengan mengambil bab puasa sebagai salah satu upaya untuk memberikan bekal ilmu yang berkaitan dengan puasa sebagaimana yang dianjurkan dalam syari’at dan agar hati lebih mantap, damai, dan khusyu’ menjalankan ibadah puasa nanti tanpa terusik dengan perbedaan yang biasa menjadi perdebatan”, ungkap Taryanto, Ketua MWC NU Jatiyoso, Rabu (4/6).

Sedangkan diskusi fiqih zakat juga dinggap sebagai hal penting yang harus dibahas menjelang pelaksanaan zakat fitrah diakhir Ramadhan nanti.

“Zakat merupakan amaliyah ijtima’yah (aktivitas sosial) yang memiliki peran besar dalam mewujudkan kesejahteraan umat, oleh karena itu diskusi fiqih zakat adalah sesuatu yang urgen agar orang yang berzakat mengetahui tentang ilmu-ilmu yang berhubungan dengan zakat dan zakat dapat diterima atau tersalurkan dengan tepat,” imbuhnya.

Selain diskusi fiqih puasa dan zakat di setiap Ranting, kami juga menggelar pengajian serta kirim doa untuk para leluhur di Ranting Jatisawit. (Ahmad Rosyidi/Mahbib)


Terkait