Nasional

LDNU Gelar Kajian Kitab Kuning Selama Ramadhan

Rabu, 26 Juni 2013 | 12:03 WIB

Jakarta, NU Online
Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) mengagendakan serangkaian program yang akan mengisi bulan suci Ramadhan. Salah satu yang akan rutin diselenggarakan adalah kajian kitab kuning seputar fiqih dan akhlak.
<>
Ketua Pengurus Pusat LDNU KH Zakky Mubarak mengatakan, kajian kitab kuning digelar di Masjid an-Nahdlah yang terletak di lantai dasar gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta. Kegiatan yang terbuka untuk masyarakat umum ini dimulai setiap sekitar satu jam menjelang buka bersama di tempat yang sama.

Direncanakan, kitab yang akan dikaji adalah materi yang umum dibaca di pesantren, seperti Sullam Taufiq dan Safinatun Naja. LDNU ingin mengenalkan tradisi sekaligus wawasan pesantren kepada masyarakat sekitar, khususnya di kawasan Jakarta.

Menurut Zakky, umat Islam sudah sepatutnya memperbanyak aktivitas selama bulan Ramadhan tak hanya dengan ritual ibadah tapi juga mendalami wawasan keagamaan. Langkah yang tepat di antaranya adalah dengan menghadiri forum-forum ilmiah atau membaca secara pribadi.

“Kalau bisa mengkaji kitab sampai khatam. Bisa mempelajari fiqih,, akhlak, atau lainnya,” katanya.

LDNU dipercaya mengelola sejumlah kegiatan yang ada di Masjid an-Nahdlah. Selain kajian kitab kuning, LDNU juga mengkoordinatori kegiatan sembahyang tarawih, kultum, buka bersama, hingga penyelenggaraan shalat idhul fitri.

 

Penulis: Mahbib Khoiron

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait