Nasional

Pangkas Kesenjangan Digital, IndiHome Gencar Layani Masyarakat di Timur Indonesia

Jumat, 8 November 2019 | 06:00 WIB

Pangkas Kesenjangan Digital, IndiHome Gencar Layani Masyarakat di Timur Indonesia

Logo IndiHome.

Jakarta, NU Online
Sebagai wujud komitmen kepada negeri, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) gencar memperluas dan meningkatkan kualitas layanan IndiHome di Indonesia bagian timur guna memangkas kesenjangan digital. 
 
Direktur Consumer Service Telkom, Siti Choiriana (Ana) mengatakan, Telkom berkomitmen tinggi menghadirkan layanan IndiHome hingga ke wilayah pelosok, khususnya di Timur Indonesia. 

“Selama ini kami dalam mengembangkan jaringan tak hanya memikirkan sisi bisnis, tetapi juga pemerataan pembangunan, sesuai tugas BUMN sebagai agen perubahan,” katanya, sebagaimana rilis yang diterima NU Online, Jumat (8/11).

Dijelaskannya, sejauh ini untuk operator layanan Fiber To The Home (FTTH), hanya Telkom Indonesia yang telah membangun infrastruktur mulai dari backbone hingga jaringan akses melayani Sabang sampai Merauke. Membangun jaringan Internet di Indonesia bagian Timur merupakan tantangan bagi operator.

"Di sisi lain gelaran menggunakan fiber optik secara end to end sedang dalam proses penyelesaian di mana solusi ini nanti akan memberikan tingkat gangguan yang sangat minimal,” ujar Ana.

Telkom berkomitmen menghadirkan layanan internet di 514 ibu kota kabupaten/kota (IKK) termasuk wilayah  tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Secara khusus di wawasan Timur Indonesia, Telkom telah memiliki sebanyak 520 ribu sambungan layanan. Sebarannya mulai dari Sulawesi seperti Sulawesi Selatan sebanyak 160 ribu sambungan layanan, Sulawesi Utara (67 ribu), Sulawesi Tengah (64 ribu), Sulawesi Tenggara (39 ribu), Gorontalo (33 ribu) dan Sulawesi Barat (15 ribu), hingga Maluku (41 ribu) dan Maluku Utara (19 ribu). 

Bahkan di Papua, IndiHome telah memiliki 47 ribu sambungan layanan dan di Papua Barat sebanyak 35 ribu sambungan layanan.

“Fokus kami tahun ini adalah mewujudkan ‘Best in Class Customer Experience’. Kita selalu bergerak cepat jika ada permintaan dan gangguan terhadap layanan, meskipun itu di daerah pelosok sekali pun,” kata Ana.

IndiHome merupakan layanan digital menggunakan teknologi fiber optik yang menawarkan layanan triple play yang terdiri dari internet rumah (fixed broadband internet), telepon rumah (fixed phone) dan TV interaktif. IndiHome juga menawarkan layanan dual play yang terdiri dari internet rumah dengan telepon rumah atau internet rumah dengan TV interaktif. Saat ini IndiHome melayani lebih dari 6,5 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Diharapkan ke depannya, seluruh masyarakat dapat merasakan keseruan IndiHome melalui layanan dan konten yang semakin berkualitas.

“Dengan inovasi tiada henti, Telkom Indonesia menghadirkan IndiHome untuk menemani keluarga Indonesia, membawa suasana keluarga menjadi lebih harmonis, happy, kreatif, dan penuh gairah, sejalan dengan tagline IndiHome #WujudkanDariRumah,” tutup Ana.

Editor: Muchlishon