Warta

Ansor dan RCTI Peduli Bangun Pesantren Yatim Piatu

Senin, 19 Juni 2006 | 03:57 WIB

Bantul, NU Online
Gerakan Pemuda Ansor Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerjasama dengan RCTI Peduli, Ahad (18/6) memulai pembangunan asrama Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu (Yapitu) Mabarrot, yang terletak di Daraman, Piyungan, Bantul.


Ketua PW GP Ansor DIY, Sidik Pramono, pada kesempatan itu mengungkapkan, pembangunan Yapitu yang rusak akibat gempa bumi 27 Mei lalu sesegera dikerjakan mengingat bangunan itu dihuni oleh lebih 200 anak yatim piatu. Harapannya, beberapa asrama pendidikan dan aktivitas pesantren akan dapat segera dimulai.<>
 

ADVERTISEMENT BY OPTAD

"Para santri perlu segera memulai belajar dan mengaji, karenanya pembangunan ini kan segera dimulai dengan melibatkan sahabat-sahabat Banser dan juga partisipasi masyarakat," ujar Sidik didampingi beberapa pengurus GP Ansor DIY, antara lain Munsoji (Sekretaris), Karsono Muhammad (Bendahara), dan juga Komandan Baser Muhyidin. 
 

Menurut Sidik, GP Ansor dan RCTI Peduli akan membangun satu lokal gedung utama Yapitu. Pembangunan ini setidaknya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sosial dan pendidikan di lembaga ini.

 

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Dalam kesempatan yang sama, PP GP Ansor yang diwakili Qohari dan Muhtar Hadyu, mengungkapkan, proses pembangunan itu diharapkan dapat menjadi suntikan positif bagi para santri untuk bangkit dari keadaan pasca gempa ini. Sembari mengucapkan terima kasih kepada RCTI Peduli atas kerja samanya, Qohari dan Muhtar Hadyu, mengungkapkan, upaya GP Ansor Pusat bekerja sama dengan RCTI Peduli itu merupakan ikhtiar menuju kemaslahatan bersama.

 

“Dengan jumlah relawan sekitar 150 yang tergabung dalam Banser (Barisan Serba Guna)-Ansor DIY, pembangunan gedung utama Yapitu ini diharapkan dapat terselesaikan tiga minggu ke depan,” Ujar Munsoji, Sekretarirs PW Ansor DIY yang juga Koordinator TSK (Tim Solidaritas Kemanusiaan) NU. “jika gedung utama Yapitu ini telah diselesaikan, kita akan mengadakan Tahlilan Kubro dalam rangka memperingati 40 hari korban gempa,” katanya lagi.

 

Sementara itu, Pengasuh Yapitu, KH. M. Soleh, mengucapkan terima kasih kepada pengurus Ansor pusat dan DIY serta pihak RCTI Peduli atas bantuannya. “Semoga niat baik kita ini memberikan dampak berupa keselamatan dan kemudahan-kemudahan di hari esok,” katanya. (ron)


Terkait