Warta

Lesbumi Jatim Gelar Lomba Musikalisasi Puisi

Jumat, 1 Juni 2007 | 04:55 WIB

Surabaya, NU Online
Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Jawa Timur berencana menggelar lomba cipta puisi dan musikalisasi puisi. Menurut rencana, acara yang melibatkan seluruh badan otonom dan lembaga di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) serta elemen masyarakat, akan digelar pada 17 Juni mendatang di Kantor PWNU Jatim.

Ketua PW Lesbumi Jatim Nonot Sukrasmono, menuturkan, kegiatan besar itu bertujuan untuk mendekatkan masyarakat kepada seni Islami yang saat ini sudah banyak ditinggalkan. Sebab diakui, saat ini budaya dari Barat semakin gencar masuk ke Indonesia dan banyak disukai anak muda.

<>

“Kita sebagai ‘tangan’ NU yang membidangi seni dan budaya, berusaha untuk mempertahankan itu. Sebab kalau tidak dibentengi, bisa buyar remaja kita, terseret arus globalisasi,” terang Nonot yang juga Dosen dan Guru Seni Lukis Unipa Surabaya itu kepada NU Online di Kantor PWNU Jatim, di Surabaya, Kamis (31/5) kemarin.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Sebagai gambaran calon peserta, mereka adalah para pelajar, mahasiswa, komunitas seni, aktifis Ikatan Pelajar NU, Ikatan Pelajar Puteri NU, Gerakan Pemuda Ansor, Fatayat NU, santri, remaja karang taruna, siswa sekolah, remaja masjid, dan sebagainya. “Pokoknya siapa saja yang merasa punya bakat dan kemampuan, akan kami terima kalau memenuhi ketentuan,” tandas Nonot.

Di antara ketentuan itu adalah bersifat kelompok antara 3 hingga 8 orang, alat musik akustik (bukan musik elektronik), dan tidak lebih dari lima macam alat musik.

Meski pertemuan teknis akan dilaksanakan tanggal 3, namun kesempatan pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 15 Juni, di Kantor PWNU.

Hasil pertemuan teknis, menurut Nonot, bisa disusulkan pada saat pendaftaran. “Pendaftaran tidak dipungut biaya, alias gratis,” kata Nonot. Kepada para pemenang akan diberikan dana pembinaan, tropi dan piagam dari panitia penyelenggara. (sbh)

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait