Warta

Tingkatkan Kinerja, 12 BPR Nusumma akan Di-merger

Senin, 30 April 2007 | 10:52 WIB

Jakarta, NU Online
Upaya konsolidasi terus dilakukan oleh kelompok Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nusumma dalam upaya meningkatkan kinerja korporasinya. Pada tahun 2007 ini, akan dilakukan merger (penggabungan) antar-BPR Nusumma di masing-masing provinsi.

Direktur Utama PT Nusumma Utama Ir. Mustofa Zuhad Mughni pada hari Senin (30/4), menjelaskan kebijakan ini diambil dalam rangka memudahkan adanya lalu lintas dana antar-BPR sehingga jika salah satu BPR kekurangan atau kelebihan dana, BPR lainnya bisa men-support-nya karena statusnya sekarang adalah sebagai cabang.&<>lt;/p>

Dari 12 BPR yang dimiliki oleh PBNU ini, merger akan dibuat dalam setiap provinsi. Lima BPR Nusumma yang berlokasi di Jawa Timur akan di-merger menjadi satu. Demikian juga 5 BPR Nusumma di Jateng dan 2 di Jabar.

Merger ini juga akan menguntungkan para nasabah karena jika sebelum di-merger, masing-masing BPR adalah sebuah perusahaan terpisah sehingga nasabah tidak bisa lagi bertransaksi di BPR Nusumma di lokasi lain, kini karena statusnya sebagai cabang, maka kemungkinan transaksi antarcabang tersebut sangat dimungkinkan.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Secara korporasi, PT Nusumma Utama sebagai holding dari BPR tersebut juga akan semakin mudah dalam pengelolaan perusahaan karena adanya kontrol yang lebih terpusat.

Berdasarkan laporan keuangan 31 Desember 2006, 12 BPR Nusumma memiliki asset senilai Rp.48.354.000.000 dengan total pinjaman yang diberikan sebesar Rp.33.887.000.000. Semua aktifitas tersebut dikelola oleh 177 karyawan. (mkf)


Terkait