Warta

Tingkatkan Mutu Kewirausahaan Kader, GP Ansor Gelar Pelatihan Life Skill

Rabu, 28 Februari 2007 | 12:36 WIB

Jakarta, NU Online
Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor terus meningkatkan kualitas kehidupan kadernya agar siap dalam kompetisi dengan kader organisasi kemasyarakatan lainnya. Sekaligus mengantisipasi persaingan di era globalisasi.

“Salah satu bentuk peningkatan kualitas kader adalah dengan cara membangun sumber daya manusia yang siap pakai dan siap bersaing di mana saja. Di antaranya menggelar pelatihan life skill (keterampilan hidup),” ujar Ketua PP GP Ansor Mahmud Yunus seperti dilansir gp-ansor.org, Rabu (28/2).

Pelatihan bertajuk &l<>dquo;Membangun Kemandirian Hidup Berwirausaha” merupakan hasil kerjasama dengan PP GP Ansor dengan Departemen Pendidikan Nasional. Sekitar 15 peserta dan 10 undangan peninjau mengikuti pelatihan yang digelar di Aula PP GP Ansor, Jalan Kramat Raya, Jakarta itu. Mereka terdiri dari Pengurus PP GP Ansor, PW GP Ansor DKI Jakarta, PC GP Ansor se-DKI Jakarta, PC GP Ansor Kabupaten Tangerang dan PC GP Ansor Kota Tangerang.
 
“Panitia memilih peserta yang memang sudah memiliki dasar kewirausahan atau yang sudah punya usaha, tapi masih kecil,” tambah Yunus.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Hadir dalam acara itu, Mukhtar Hadyu, Idham Cholid, Ridwan Balia (Wakil Sekretaris Jenderal), Qohari Qolil (Bendahara), Mohammad Ma’ruf (mantan Ketua PW GP Ansor Bali) dan sejumlah pengurus lainnya. Narasumber yang hadir saat itu Manajer Koperasi Ansor Inkowina Drs Khohari Qolil dan Praktisi Usaha Voucher, Sandi Faisal.

“Kegiatan ini hanya dilangsungkan satu hari untuk efektifitas,” kata Yunus.

Ia berharap usai pelatihan ini makin banyak kader-kader Ansor yang memiliki jiwa dan mental wirausaha. Sehingga pelatihan ini benar-benar bermanfaat dan mencapai tujuannya. “Oleh karena itu, kita juga berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini saja, bahkan kalau perlu berkesinambungan,” tegasnya.

Drs Khohari Qolil memaparkan, Inkowina dalam perjalanannya memang mengalami pasang surut. Oleh karena itu, pihaknya menerapkan kiat se-efesien mungkin dalam mengelola koperasi milik Ansor tersebut. “Meski keuntungannya sangat tipis, namun koperasi tersebut tetap jalan,” katanya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Karena itu, kata Qohari, guna mengembangkan usaha Inkowina ke depan, pihaknya akan mencari mitra kerja yang memiliki jaringan luas. Namun demikian, hal itu bukan pekerjaan mudah. “Saya optimis, Inkowina bisa maju dan mampu bersaing dengan koperasi lainnya,” ujarnya. (gpa/rif)


Terkait